Skip to main content

Mengenal apa itu SEO : Manfaat, jenis dan fungsinya!

Mengenal apa itu SEO : Manfaat, jenis dan fungsinya! Daftar isi Apa itu SEO ? Fungsi SEO Manfaat  SEO Jenis-jenis  SEO Cara Kerja SEO Apa itu SEO, masih menjadi suatu pernyataan masih dibingungkan oleh para pembuat website yang baru memulai belajar. SEO dipercaya dapat mempermudah sebuah website atau blog  mendapatkan ranking teratas pada pencarian search engine atau mesin pencari.  Apakah hal tersebut benar terjadi ? mari kita cari tau lebih mengenai apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya.   Apa itu SEO ?  Menurut Hernawati (2013), SEO merupakan sebuah rangkaian dari sebuah proses yang dilakukan dengan cara sistematis, Pada pelaksanaannya SEO ini memanfaatkan pagerank atau algoritma mesin pencari ini untuk dapat terus meningkatkan kualitas serta volume dari tingkat kunjungan pada mesin pencari kepada situs web tertentu.  Sedangkan menurut Niagahoster (2018), SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah upaya untuk mendapatkan pering...

ARTIKEL: INTERNET DAN INFRASTRUKTUR BARU TEKNOLOGI INFORMASI

INTERNET DAN INFRASTRUKTUR BARU TEKNOLOGI INFORMASI

💻Table of Content


Perkembangan Teknologi Internet

    Internet pertama kali dibentuk pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek Lembaga ARPA (Advanced Research Project) dengan nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), yang bertujuan untuk keperluan militer agar data yang diperoleh tidak tersentralisasi.

 

Penggunaan Jaringan Internet menggunakan standar global yaitu TCP (Transmission Control Protocol) atau IP (Internet Protocol) yang merupakan protokol untuk pertukaran paket yang digunakan oleh berbagai pengguna secara global. Selain itu untuk menghubungkan antara rangkaian internet  disebut dengan (Internetworking).

 

Pada tahun 1982 protokol standar TCP/IP mulai dipublikasikan sehingga penggunaan pada komputer yang terhubung semakin banyak. Maka di tahun 1986 di perkenalkanlah system yang dikenal dengan DNS (Domain Name System) dan  pada tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan World Wide Web (www) yang bisa digunakan oleh public untuk mencari situs website. Sehingga perkembangan teknologi internet dari tahun ketahun menjadi semakin pesat dan situs websitenya pun semakin banyak.

 

 

Di era digital saat ini internet menjadi sangat akrab bagi kehidupan sehari-hari. Dimana internet menjadi media bantu untuk mengerjakan dan menghubungkan berbagai macam aktivitas manusia secara efektif dan efisien. Mulai dari Pekerjaan, Pendidikan, Kesehatan, dan lain-lain.

Perkembangan internet mengalami perubahan yang signifikan dari tahun ke tahun yaitu dari segi :

1. Segi cakupan yang meliputi skala wilayah atau batas jangkauan akses internet di wilayah tertentu.

2. Segi proses transmisi data yang dilakukan berbeda tiap tahunnya karena didukung oleh teknologi terbaru dan lebih modern

3. Segi kecepatan dimana jaringan internet membutuhkan resources yang cukup besar bagi suatu negara.

4. Segi penggunaan tidak ada habisnya, dimana banyak sekali perubahan yang terjadi baik dari segi informasi, komunikasi dan perangkat yang digunakan setiap tahunnya.

Kemajuan teknologi tidak bisa dihindari karena berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Sehingga kemajuan teknologi akan memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia, khususnya dalam bidang teknologi.



Perkembangan Teknologi di Era Revolusi industri 4.0


  1. Teknologi 1G

Pada tahun 1979 generasi industri 1G pertama kali ditemukan di Jepang oleh nippon telegraph. Negara jepang adalah negara yang pertama kali mengadopsi jaringan tersebut. Sistem tersebut masih menggunakan dasar alat analog  radio, dimana alat analog radio tersebut hanya bisa diakses dengan sistem yang menggunakan basis suara seperti analog protokol dan teknologi circuit switched. Dalam generasi 1G ini dapat diukur bahwa kecepatan yang diterima hanya sebesar 2 Kbps dan diketahui bahwa hanya bisa untuk melakukan panggilan telepon. Sebenarnya di generasi pertama ini masih banyak kelemahan yang perlu diperbaiki yaitu kecepatan yang masih rendah, kapasitas yang terlalu sedikit dan untuk tingkat keamanan pun masih terbilang rentan. Dalam jaringan generasi pertama belum bisa adanya jangkauan yang luas sehingga perlu ada revolusi teknologi selanjutnya. 


  1. Teknologi 2G


Generasi kedua atau 2G dikenal menjadi masa dimana yang awalnya generasi pertama analog berubah menjadi masa digital. Jaringan 2G ini diperkenalkan oleh Radiolinja di negara Finlandia pada tahun 1991. Dapat diketahui bahwa pada masa generasi kedua menggunakan Time Division Multiple Access (TTDMA) dan Code Division Multiple Access (CDMA) menjadi teknologi yang berbentuk kode dan waktu yang dapat digunakan di generasi kedua. Untuk kisaran kecepatan dari generasi 2G adalah sekitar 9 KBps- 14 Kbps, yang pada masa ini mengalami perkembangan signifikan sehingga diperkenalkan juga versi 2,5G dan 2,75G. Untuk jaringan 2.5G sendiri dikenal dengan nama GPRS dimana kecepatan yang didapat adalah sekitar 115 Kbps tentu dengan adanya perkembangan ini maka kita sudah bisa mengakses internet. Sedangkan untuk jaringan 2.75G sendiri diperkenalkan sebagai teknologi EDGE yang memiliki kecepatan lebih besar dari sebelumnya yaitu sekitar 384 Kbps. Di masa ini sudah dapat mengakses dan menikmati internet dan bisa melakukan sms, telepon, email dan lain-lain.

  1. Teknologi 3G 


Generasi Ketiga atau 3G pada tahun 2000-an, teknologi terus mengalami perubahan dan perkembangan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas jaringan yang lebih cepat dan baik. Teknologi 3G ini memiliki kecepatan dan kualitas yang lebih baik daripada generasi sebelumnya dimana dapat kita ketahui bahwa kecepatan jangkauan transmisinya adalah sekitar 144 Kbps hingga 2 Mbps sehingga kecepatan ini dapat mengakses dan mendukung fitur video dan panggilan video. Teknologi yang ditemukan di generasi ketiga ini adalah seperti IMT Multi Carrier/CDMA2000, WCDMA, dan TD SCDMA. Yang jika kita bandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu 2G generasi ketiga ini sudah memiliki kelebihan dimana suara yang lebih bagus, keamanan yang memadai dan menjamin privasi penggunanya, jangkauan yang lebih luas dengan kecepatan mencapai 2 MBps.


  1. Teknologi 4G


Setelah perkembangan dari generasi sebelumnya, maka teknologi tak hentinya mengalami perkembangan dan akhirnya ditemukannya teknologi 4G yang lebih memiliki kecepatan berkali lipat dibandingkan generasi sebelumnya. Di generasi keempat atau 4G ini sudah memiliki kecepatan yang mencapai 1 Gbps dan teknologi ini sudah digunakan di berbagai perangkat digital. Layanan yang diberikan pyn sudah lebih baik daripada generasi sebelumnya dimana teknologi ini menghasilkan kelebihan serta kualitas yang baik untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Disertai pula dengan kecepatan yang tinggi, tingkat keamanan yang tinggi, kualitas audio visualnya yang lebih baik dan berbagai layanan yang dapat dijangkau dengan harga yang terjangkau juga. 


  1. Teknologi 5G 

Generasi ini disebut generasi masa depan dimana teknologi 5G ini memiliki kelebihan yang lebih tinggi daripada generasi sebelumnya, di era tahun 2020 an masyarakat sudah memiliki intensitas pemakaian teknologi yang tinggi sehingga era ini dibutuhkan. Dimana kecepatan yang dimiliki oleh generasi kelima atau 5G ini sudah mampu memiliki tingkat kecepatan yang 20 kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya yaitu sekitar 1 Gbps, jangkauan Bandwidth yang besar sekitar 10 Gbps, rendahnya latency, memiliki daya rendah dan harga yang terjangkau.





Perkembangan HTML 


https://www.hostinger.com/tutorials/wp-content/uploads/sites/2/2021/08/difference-between-html-and-html5-1536x674.webp


    Hypertext Markup Language(HTML) merupakan bahasa utama dari World Wide Web (WWW). HTML juga merupakan standar markup language yang dirancang untuk dokumen atau tulisan supaya bisa ditampilkan pada web browser. Blogger biasa menggunakannya untuk mendesain elemen halaman web, dan membantu untuk menaikkan rating serta traffic blog.


HTML 1.0

Saat Tim Berners-Lee menciptakan HTML 1.0 hingga saat perilisannya,masih sedikit developer yang membuat website dan bahasa yang digunakan pun masih sangat terbatas. Pada versi ini, HTML hanya bisa membuat paragraf/hypertext, bold(cetak tebal). Italic (teks miring) dan menginsert gambar tanpa wrapping. Versi ini merupakan versi paling dasar dari HTML yang belum memiliki fungsi styling. Pada intinya versi ini hanya mendukung kontrol teks dan gambar saja yang menyebabkan setiap website yang dibuat menggunakan HTML 1.0 memiliki tampilan yang sama seperti background dan font yang digunakan.


HTML 2.0

Pada versi 2.0 ini, HTML mengalami perkembangan pada faktor kualitas dan fungsi dengan tujuan dasar untuk mengembangkan versi sebelumnya.  HTML 2.0 telah berkembang pesat terutama pada bagian markup tags dan juga masih menjadi standar untuk desain website hingga tahun 1997. Pada faktor kualitas, versi ini memiliki struktur dokumen yang terintegrasi seperti elemen struktural untuk bagian headings,paragraf, daftar/list yang terurut dan tidak terurut. Fitur baru lainnya adalah user bisa memasukkan dan mengirim data, mengambil suatu tindakan seperti menggunakan menu mencari atau search.


HTML 3.2

HTML versi  3.2 mendukung lebih banyak elemen dengan bentuk baru. Fitur penting lainnya yang diimplementasikan oleh HTML 3.2 adalah dukungan CSS. CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet.  CSS-lah  yang menyediakan fungsi untuk meningkatkan tampilan tag HTML saat ditampilkan di browser. Selain meningkatkan tampilan CSS juga sangat membantu dalam menata elemen HTML. versi ini menambahkan fitur yang banyak digunakan seperti tabel dan text flow di sekitar gambar, serta menyediakan kompatibilitas penuh dengan standar HTML 2.0 yang ada. Dengan peningkatan browser ke HTML 3.2, browser juga mendukung frame tags. Frame tag sendiri merupakan sebuah sistem navigasi pada website, meskipun spesifikasi HTML masih belum mendukung frame markup tags.


HTML 4.01

HTML 4.01 memperkenalkan perubahan yang lebih besar dari versi sebelumnya yaitu  HTML 3.2. Ini memperluas dukungan dari cascading styling sheets.Dalam versi 3.2, CSS diintegrasikan ke dalam halaman HTML itu sendiri.Jadi jika situs web memiliki beberapa halaman untuk menata setiap halaman, kita memerlukan CSS di setiap halaman web. Oleh karena itu ada pengulangan blok CSS yang sama. di versi 4.01, muncul konsep external sheet. Pada konsep ini, file CSS eksternal dapat dikembangkan, dan file gaya eksternal ini dapat disertakan dalam HTML itu sendiri. Versi HTML 4.01 dapat memberikan dukungan untuk tag tambahan HTML.


HTML 5

HTML5 ini dirancang untuk web, baik sekarang maupun di masa depan. Versi ini digambarkan sebagai versi paling baru dari keluarga HTML. Versi kelima merupakan penerus dari versi sebelumnya yaitu HTML 4.01 dan juga ikut memperkenalkan elemen-elemen baru serta kemampuan bahasa yang lebih baik, serta meningkatkan atau menghapus beberapa fungsi atau fitur yang ada. Elemen baru pada HTML 5 seperti Email,Password, dan Section Tag ini sudah ditambahkan. Pada versi ini, pengembang website sangat diberi kemudahan jika menggunakan HTML 5 yang dapat menangani error dengan lebih baik dari versi-versi pendahulunya saat melakukan kesalahan dalam menulis kode HTML serta penggunaan syntax yang lebih sederhana. Pada intinya website yang ditulis menggunakan HTML5 sangat membantu blogger untuk menangani kesalahan pada kode HTML yang kurang sempurna.


Internet Masa depan 

    Internet di masa sekarang dapat dikatakan berkembang dengan cukup pesat dan cepat. Maka dapat kita bayangkan bagaimana canggihnya perkembangan internet di masa yang akan datang. Seperti yang kita ketahui bahwa internet memiliki peran yang cukup signifikan terhadap perkembangan teknologi informasi dan juga perkembangan pada masyarakat. Internet membantu masyarakat dalam membangun peradabannya dari masa ke masa. Dengan mempermudah penyampaian informasi yang dapat disampaikan melalui internet yang dapat di akses oleh siapa saja, dimanapun dan kapanpun. 


    Dengan semakin berkembangnya internet di masa depan maka dapat dikatakan bahwa digitalisasi juga akan merajalela nantinya. Selain itu teknologi-teknologi dan juga koneksi seluler jangkauannya akan semakin luas. Seperti contohnya kacamata, diprediksikan di masa mendatang nanti akan banyak masyarakat yang akan memakai kacamata pintar yang di dalamnya terdapat teknologi AR (Augmented Reality), dimana mereka akan menggunakannya untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar mereka. 


    Selain itu untuk mengetik pesan juga nantinya di prediksikan akan digantikan oleh komunikasi verbal dan juga pendengar seperti asisten virtual siri pada Apple atau Alexa dari Amazon, dimana asisten virtual tersebut memiliki banyak sekali layanan personalia di dunia yang serba digital. 


    Untuk internet di masa depan yang sekarang ini sedang ramai dibicarakan adalah Metaverse. Singkatnya metaverse adalah sebuah perangkat ruang virtual dimana para pengguna internet dapat membuat serta menjelajahi ruang tersebut bersama dengan pengguna lain meskipun mereka tidak berada di satu ruang fisik yang sama. Metaverse ini sangat dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan secara offline namun sekarang hanya bisa dilakukan secara online seperti konser dan melakukan sebuah perjalanan. Dengan semua perkembangan internet tersebut, maka internet dapat dikatakan membawa banyak sekali manfaat bagi kehidupan.



Comments

Popular posts from this blog

Mengenal apa itu SEO : Manfaat, jenis dan fungsinya!

Mengenal apa itu SEO : Manfaat, jenis dan fungsinya! Daftar isi Apa itu SEO ? Fungsi SEO Manfaat  SEO Jenis-jenis  SEO Cara Kerja SEO Apa itu SEO, masih menjadi suatu pernyataan masih dibingungkan oleh para pembuat website yang baru memulai belajar. SEO dipercaya dapat mempermudah sebuah website atau blog  mendapatkan ranking teratas pada pencarian search engine atau mesin pencari.  Apakah hal tersebut benar terjadi ? mari kita cari tau lebih mengenai apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya.   Apa itu SEO ?  Menurut Hernawati (2013), SEO merupakan sebuah rangkaian dari sebuah proses yang dilakukan dengan cara sistematis, Pada pelaksanaannya SEO ini memanfaatkan pagerank atau algoritma mesin pencari ini untuk dapat terus meningkatkan kualitas serta volume dari tingkat kunjungan pada mesin pencari kepada situs web tertentu.  Sedangkan menurut Niagahoster (2018), SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah upaya untuk mendapatkan pering...

ARTIKEL: DIGITAL MARKETING TOOLS AND TECHNIQUES

DIGITAL MARKETING TOOLS AND TECHNIQUES SEM, SEA, DAN SEO IKLAN TAMPILAN (DISPLAY ADS MARKETING) EMAIL MARKETING PERBEDAAN PEMASARAN TRADISIONAL DAN PEMASARAN ONLINE  SOSIAL MEDIA MARKETING AND ADVERTISING MOBILE MARKETING AND ADVERTISING LOCAL MARKET https://www.paldesk.com/wp-content/uploads/2020/03/10-best-digital-marketing-tools.png Istilah Tools berarti alat yang mengacu pada teknik, strategi dan materi. Alat ini akan digunakan oleh perusahaan bisnis untuk mengembangkan produk dan layanannya. Saat ini begitu banyak tools pemasaran yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Alat pemasaran juga digunakan untuk mengumpulkan data konsumen agar dapat digunakan sebagai evaluasi untuk menentukan strategi bisnis perusahaan. Anda perlu memahami alat mana yang terbaik untuk bisnis penjualan anda. Banyak perusahaan juga menggunakan alat pemasaran secara bersamaan untuk meningkatkan pelanggan, sehingga anda perlu membangun bisnis yang baik dan berinteraksi dengan pelanggan den...

DIGITAL MARKETING: KONSEP ONLINE MARKETING & CONSUMER BEHAVIOR MODEL

  DIGITAL MARKETING: KONSEP ONLINE MARKETING & CONSUMER BEHAVIOR MODEL  1. SHOPPER, BROWSER AND BUYERS 2. UNTUK APA KONSUMEN BELANJA DAN MEMBELI ONLINE 3. BAGAIMANA KONSUMEN BERBELANJA ?      3.1  Kelebihan Berbelanja Online      3.2 Kekurangan Berbelanja Online 4. BAGAIMANA UTILITAS DAN PELUANG PASAR ONLINE  5. IKLAN PEMASARAN E-COMMERCE : STRATEGI DAN TOOL  6. MULTI-CHANNEL MARKETING PLAN     6.1  Kelebihan Dalam Menggunakan Strategi Multichannel Marketing     6.2   Kekurangan Dalam Menggunakan Strategi Multichannel Marketing 7. PEMASARAN INBOUND & OUTBOUND 8. STRATEGY ISSUE AND QUESTION 9. BAGAIMANA  PERUSAHAAN DAPAT MEMBANGUN HUBUNGAN YANG BAIK DENGAN PELANGGAN BISNIS MEMBANGUN HUBUNGAN PELANGGAN 10. BENTUK-BENTUK IKLAN ONLINE SHOPPER, BROWSER AND BUYERS Audiens dari internet masih cenderung terkonsentrasi di kalangan yang berpendidikan tinggi, kaya, dan berjiwa muda. Analisis Clickstr...